Salam sobat kreatif, kali ini hadi kreatif akan menguraikan sedikit mengenai pengertian manajemn menurut beberapa ahli.
S. P. Hasibuan (1996), mengemukakan bahwa pengertian manajemen adalah usaha mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain. Maka seharusnya manajer mengadakan koordinasi atas sejumlah aktivitas orang lain yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian.
Pengertian Manajemen adalah suatu proses atau kerangka kerja, yang melibatkan bimbingan atau pengarahan suatu kelompok orang-orang kearah tujuan-tujuan organisasional atau maksud-maksud yang nyata. (George R. Terry: 1999)
Manajemen adalah suatu kegiatan/pelaksanaannya adalah “managing” pengelolaan, sedang pelaksanaannya disebut manajer atau pengelola.Kepemimpinan sebagai salah satu fungsi manajemen merupakan hal yang sangat penting untuk mencapai tujuan organisasi. Sebaliknya pemimpin dalam perannya dapat dengan mudah menjadi salah satu alat penyelesaian yang luar biasa terhadap persoalan apa saja yang sedang menimpa organisasi termasuk peningkatan kinerja.
Dalam keadaan kritis itulah diharapkan kehadiran seorang pemimpin. Mereka adalah orang-orang yang mempunyai kecakapan dan kemampuan untuk mempengaruhi, mengajak, mengumpulkan dan menggerakkan orang lain untuk menangani masalah yang ada pada saat itu. Dan mampu membina orang lain untuk membentuk suatu kesatuan dan bersama-sama mereka bekerja. Oleh karena itu peran sentral kepemimpinan dalam organisasi sangat penting, maka dimensi-dimensi kepemimpinan yang sifatnya kompleks perlu dipahami dan dikaji secara terkoordinasi. Ada beberapa pengertian, prinsip-prinsip dan fungsi-fungsi manajemen sebagai berikut: Seorang yang menjadi manajer mengambil alih kewajiban-kewajiban baru, yang seluruhnya bersifat “managerial” yang diantaranya adalah meniadakan kecendrungan untuk melaksanakan sendiri semua urusan.
Dalam rangka untuk mencapai keberhasilan, usaha kerjasama dan kegiatan perlu dipedomani. Prinsip-prinsip umum manajemen dan prinsip-prinsip tersebut tidaklah mutlak untuk segala aspek. Namun bervariasi disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang menjadi prioritas dan strategi yang efektif dan efisien.
Dasar proses manajemen adalah mampu menentukan tujuan organisasi hal tersebut direncanakan untuk memberikan kepada organisasi dan anggota-anggotanya, karena sangat sulit untuk mempunyai manajemen yang berhasil tanpa tujuan-tujuan yang didefenisikan dengan baik.
Selain kategori besar dari fungsi manajemen, manajer pada berbagai tingkat hirarki mengisi peran manajerial yang berbeda.
Pengertian Manajemen menurut George R. Terry (1999) adalah suatukerangka kerja, yang melibatkan bimbingan atau pengarahan suatu kelompok orang-orang kearah tujuan-tujuan organisasional atau maksud-maksud yang nyata.
Dari beberapa pengertian manajemen menurut para ahli di atas, penulis menyimpulkan bahwa pengertian manajemen adalah suatu kegiatan atau tindakan yang diupayakan agar berhasil mencapai tujuan dengan melakukan berbagai tindakan yang lebih maksimal.
Sekian artikel tentang Pengertian Manajemen Menurut Ahli, semoga bermanfaat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar